Apa Itu Maltitol?

, , No Comments




Kenal Dekat dengan Maltitol

Yuk, mengenal pemanis untuk cokelat. Biasanya pemanis pengganti dipergunakan untuk produk-produk yang diperuntukkan bagi pelaku diet atau konsumen yang peduli dengan kesehatan, namun tetap ingin menikmati produk-produk yang enak tapi aman untuk tubuh.Maltitol mengandung karbohidrat, tapi tidak semuanya terserap oleh tubuh, memiliki kalori yang lebih rendah dari gula biasa.  Aman dikonsumsi sesuai takaran dan mengandung sedikit kalori, serta aman bagi pengidap diabetes.

Fakta-fakta mengenai Maltitol:

  1. Memiliki rasa manis serupa gula, rendah kalori  dengan efek dingin di rongga mulut

  2. Karena kandungan gula dalam Maltitol tidak semuanya diserap tubuh, makanan/minuman yang mempergunakan Maltitol sebagai pemanis, diklaim sebagai produk berlabel “sugar-free” atau “low-calorie”.

  3. Maltitol sebagai produk yang memangkas gula maupun kalori, biasa diaplikasikan ke dalam produk minuman, permen, atau makanan yang membutuhkan rasa manis.

  4. Maltitol jika dipergunakan melewati dosis yang dianjurkan, akan mengakibatkan  efek laxative, seperti: rasa tidak enak di perut, begah, hingga diare.

  5. Maltitol tidak turut menyumbangkan pengaruh kerusakan gigi seperti pada penggunaan gula biasa.

  6. Maltitol sudah memiliki sertifikasi keamanan pangan yang diakui oleh dunia.

  7. Maltitol juga memiliki indeks glikemik rendah, artinya aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Setelah mengkonsumsi makanan/minuman yang mengandung Maltitol tidak akan menimbulkan lonjakan gula darah pada pasien diabetes. Namun penggunaannya tetap harus dalam takaran yang dianjurkan.

Intinya, penggunaan Maltitol adalah sah dan aman, jika dikonsumsi dalam ukuran yang sudah ditentukan. Tak perlu takut mengkonsumsi produk mengandung Maltitol, selama kamu tidak menikmatinya secara berlebihan dan mengikuti arahan, tetap aman ya.

0 comments: