Every woman deserves to be loved exclusively

Monday, June 15, 2009

Sedap Sekejap Edisi 8/I-Juli 2000

MENYUSURI JAJANAN SERBA MENGGODA DI BANGKOK

 

Baru-baru ini reporter Sedap Sekejap berangkat ke Bangkok, Thailand, antara lain untuk menengok sekaligus belajar kue-kue yang sedang tren di dunia. Kesempatan ini tentu juga digunakannya untuk melongok jajanan yang tersebar di pelosok Bangkok. Nah, inilah oleh-olehnya

 

TOD MAN PLA
Kalau kita sempat mengunjungi restoran tradisional Thailand, jangan lupa untuk memesan tod man pla. Ini adalah semacam otak-otak ikan. Hanya, adonan ikan yang dihaluskan ini bukan dibungkus daun pisang dan dibakar, melainkan langsung digoreng.

Tod man pla biasanya dijadikan sebagai lauk bersama-sama nasi dan sayuran sejenis capcay. Bakwan ikan ini juga enak dimakan begitu saja dengan saus manis yang dikentalkan.

PHAD
Jangan lupa cicipi juga phad. Kita mengenal makanan ini sebagai kuetiau siram. Isi lainnya terdiri dari sayuran berupa sawi dan taoge, potongan daging ayam atau sapi. Semua ini ditumis, dibubuhi kaldu, dan dikentalkan dengan telur ayam.

Dari segi rasa, phad jelas beda dengan kuetiau siram ala Indonedia. Penjual kuetiau di Thailand tidak takut-takut mencemplungkan gula pasir sebagai penyedap. Paling tidak si penjual memasukkan 3 sendok makan gula pasir untuk tiap porsi. Sebagai pelengkap, kuetiau goreng tadi dimakan bersama-sama dengan potongan daun ketumbar dan sambal asam manis pedas.

KARI
Jangan heran kalau di Thailand mengenal juga masakan kari. Bumbunya pun serupa dengan kari yang biasa kita makan. Masakan berbumbu dan mempergunakan santan ini termasuk salah satu favorit hidangan Thai.

Bahan untuk isi kari Thai bukan hanya daging ayam saja. Variasinya cukup banyak, selain berbagai hidangan laut, juga ada kari sapi. Kuetiau atau bihun yang direbus biasanya dijadikan teman makan kari. Tidak lupa juga menambahkan lalapan berupa daun selada atau daun kemangi sebagai teman santapan.

SUKI
Kalau hidangan di atas bagi Anda kurang menggugah selera, lantas ke mana mata harus berpaling? Cobalah shabu-shabu ala Thailand. Namanya Suki. Salah satu tempat makan jenis suki yang paling terkenal di Bangkok adalah MK. Letaknya di berbagai mall terkenal di Bangkok, seperti Mah Boon Klong atau Central Shopping Plaza Complex. Selain MK, ada satu lagi restoran Suki yang disukai, yaitu Coca Suki.

Sebenarnya Suki memang tidak jauh dengan sejenis shabu-shabu yang sering kita jumpai di Indonesia. Suki dikenal juga sebagai steam boat. Ada panci besar dengan kuah kaldu di dalamnya dan dipanaskan di atas kompor di meja kita duduk. Isi dari suki sendiri meliputi berbagai potongan daging dan hidangan laut. Daging yang disukai berupa daging ayam, daging sapi, atau daging babi. Kita tinggal memilih daging yang menjadi pilihan kita saja. Kalau kita menyukai hidangan laut, kita bisa pula memesan berbagai jenis hidangan laut seperti ikan, cumi-cumi, kerang, dan lain-lain.

Tiap restoran suki juga menyediakan nasi meski kebanyakan orang lebih suka menyantapnya bersama bihun yang diberi warna hijau. Untuk orang Thai, menyantap Suki ada caranya tersendiri. Berbagai potongan ikan, daging, dan sayur-sayuran dimasak sendiri-sendiri sehingga tidak ada bahan-bahan yang dimasak terlalu matang. Sebagai pelengkapnya bahan-bahan yang sudah direbus, tadi dimakan bersama bumbu celup rasa manis pedas dengan potongan-potongan kecil bawang putih sdp@Rika Eridani, Foto-foto: Rika


0 comments:

Latest Comments

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget

Blog Archive

Flickr

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Translate

www.CodeNirvana.in

About Me

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular Posts